GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Gunung Agung Sudah Berstatus Siaga, PVMBG Terus Memantau

Gunung Agung Sudah Berstatus Siaga, PVMBG Terus Memantau

jpnn.com, BALI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan penurunan status aktivitas Gunun…

Gunung Agung Sudah Berstatus Siaga, PVMBG Terus Memantau

Gunung Agung Sudah Berstatus Siaga, PVMBG Terus Memantau - JPNN.COM

jpnn.com, BALI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan penurunan status aktivitas Gunung Agung di Kabupaten Karangasem dari AWAS (level IV) menjadi SIAGA (level III), terhitung mulai Minggu (29/10) pukul 16.00 WITA.

Kepala PVMBG mengatakan, akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Agung dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali.

Karena itu masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak berada, atau melakukan pendakian maupun aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya.

Adapun perkiraan zona perkiraan bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 7.5 km.

"Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan bisa diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru," tutur dia.

Daerah yang terdampak antara lain Dusun Br. Belong, Pucang, dan Pengalusan (Desa Ban); Dusun Br. Badeg Kelodan, Badeg Tengah, Badegdukuh, Telunbuana, Pura, Lebih dan Sogra (Desa Sebudi); Dusun Br. Kesimpar.

Kemudian Kidulingkreteg, Putung, Temukus, Besakih dan Jugul (Desa Besakih); Dusun Br. Bukitpaon dan Tanaharon (Desa Buana Giri); Dusun Br. Yehkori, Untalan, Galih dan Pesagi (Desa Jungutan); dan sebagian wilayah Desa Dukuh.(chi/jpnn)

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN Bali

Tidak ada komentar