GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Cuaca dan Lintasan Bakal Jadi Lawan Berat Peserta GFNY Bali

Cuaca dan Lintasan Bakal Jadi Lawan Berat Peserta GFNY Bali

Liputan6.com, Denpasar - Medan berat dan cuaca bakal jadi tantangan berat peseta balap sepeda maraton Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia di Bali. Kendala ini terutama …

Cuaca dan Lintasan Bakal Jadi Lawan Berat Peserta GFNY Bali

Liputan6.com, Denpasar - Medan berat dan cuaca bakal jadi tantangan berat peseta balap sepeda maraton Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia di Bali. Kendala ini terutama akan dirasakan pembalap yang mengikuti long distance (race) sejauh 163 km.

Seperti diketahui. GFNY Indonesia yang merupakan GFNY Championship Asia ini memperlombakan dua kategori. Selain race jarak jauh, event yang baru pertama kali diadakan di Bali pada 4 Februari 2018 mendatang ini, juga menggelar medio distance (non race) sejauh 80 km.

  • Bali Jadi Tuan Rumah GFNY 2018
  • Mantan Pembalap Malaysia Sabet Gelar GFNY Asia Championship
  • 33 Negara Ikuti Balap Sepeda Internasional GFNY Indonesia

Tak hanya kondisi jalan, hujan yang kerap mengguyur Bali bisa juga menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. "Tapi sering berubah-ubah. Kadang-kadang hujan terus-terusan, namun s eharian cuaca cerah," kata Lidiana, salah seorang panitia.

Pantauan Liputan6.com saat menyusuri rute balapan, Jumat (2/2/2018), setelah keluar dari titik awal (start) di kawasan Sanur, peserta masih menemui trek lurus dan jalan mulus di jalan By Pass Ida Bagus Mantra, Ganyar. Namun, tanjakan dan jalan berkelok bakal ditemui saat memasuki kawasan Bangli.

Kondisi terus berlanjut hingga daerah Kintamani. Selepas dari kawasan yang terkenal dengan Danau Batur tersebut, jalanan terus menurun hingga kembali ke Sanur (finish).

Penyelenggara GFNY Bali, Tenne Permatasari, menjelaskan, rute race kali adalah Sanur - Bali Safari - Besakih - Kintamani yang melalui empat kabupaten yakni Sanur, Gianyar, Klungkung, dan Bangli.

"Jalur yang dilalui sebesar 30 persen tanjakan, 50 persen turunan, dan sisanya jalur datar," kata Tenne.

Ketua panitia pelaksana GFNY Bali Markus Iriawan menambahkan bahwa rute pada event ini sangat baik. Ia juga menjamin jalan raya akan clear selama lomba berlangsung. "Peserta jadi aman dan nyaman selama mengikuti lomba.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Pembalap Asing

GFNY di Bali juga diikuti peserta asing dari beberapa negara di luar negeri (Liputan6.com/Achmad Yani)

Pada bagian lain Tenne menjelaskan penyelenggaraan GFNY Bali 2018 juga akan diikuti peserta dari luar negeri. Sejak pendaftaran dibuka pada April 2017, tercatat jumlah pendaftar sudah mencapai 1.000 orang lebih.

Target peserta event ini sebanyak 2.000 peserta. Rinciannya, sebanyak 60 persen yang mendaftar peserta lokal, dan sisanya pesepeda dari luar negeri.

2 dari 3 halaman

Format Baru

Sebelum race dimulai , panitia penyelenggara mulai hari ini hingga besok juga menggelar "Tourism dan Bike Expo 2018. Acara ini berbarengan dengan regristrasi peserta yang sudah berdatangan ke Pulau Dewata.

GFNY kali ini mengusung format baru dengan tema "Be a Pro For a Day". Event ini lebih tertuju kepada komunitas yang ingin merasakan jadi atlet profesional dalam ajang ini.

Sumber: Google News | Berita 24 Bali

Tidak ada komentar