www.AlvinAdam.com

Berita 24 Bali

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bandra Terbesar Kedua Di Indonesia Ini Besok Resmi Beroperasi

Posted by On 09.44

Bandra Terbesar Kedua Di Indonesia Ini Besok Resmi Beroperasi

Bandra Terbesar Kedua Di Indonesia Ini Besok Resmi Beroperasi

BIJB disebut merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Bandra Terbesar Kedua Di Indonesia Ini Besok Resmi BeroperasiTribunnews.comProgres pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

TRIBUN-BALI.COM, BANDUNG - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati akan mulai beroperasi pada Kamis (24/5/2018) besok.

Pengoperasiannya akan ditandai dengan adanya pendaratan perdana di bandara tersebut. “Kita rencanakan historical landing pada 24 Mei ini,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa hari yang lalu.

Baca: MERINDING, Sosok Ini Ungkap Nasib yang Diterima Bocah SD yang Hamili Siswi SMP Jika Dinikahkan

Baca: Gali Lubang Toilet Untuk Kabur dari Penjara, Narapidana Ini Justru Tewas Mengenaskan

Baca: ASTAGA! Suami Dewi Perssik Buat Pengakuan Ini, Jawaban Depe: Apa Artinya Kumis Kangkung

Baca: Wakapolres Badung Tekankan Jaga Hubungan Harmonis dan Kedisiplinan dalam Melayani Masyarakat

BIJB disebut merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Adapun luas lahan BIJB mencapai 1.800 hektar. Bandara ini mulai dibangun pada 2014 dengan pembangunan runway (landas pacu) sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter yang sudah selesai dibangun pada akhir 2017.

Dengan ukuran landas pacu tersebut, nantinya bandara ini akan mampu melayani operasional pesawat A330.

Rencananya, landas pacu dipanjangkan hingga 3.200 meter x 60 meter agar bisa melayani operasional pesawat sipil terbesar di dunia seperti Airbus A380, Boeing B 747, maupun B 777.

Bandara ini juga mempunyai apron seluas 397.890 meter persegi yang dapat menampung 10 parking stand pesawat jet narrow body.

Selain untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan menjadi embarkasi haji untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

Di kompleks bandara juga akan dikembangkan sebagai aerotropolis. Kawasan industri penerbangan seperti industri pembuatan pesawat, industri perawatan dan perbaikan pesawat (maintenance repair and overhaul/MRO), dan beberapa industri lain yang terkait bakal dibangun.

Budi mengatakan, pembangunan Bandara Kertajati tidak sepenuhnya menggunakan dana pemerintah.

PT BIJB selaku BUMD milik Pemprov Jabar menggaet banyak pihak untuk membiayai proyek senilai Rp 2,6 triliun tersebut.

Hala man selanjutnya 12
Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Siswa SD Buat Siswi SMP di Tulungagung Mengandung hingga Usia 6 Bulan, Begini Keputusan Keluarga Sumber: Google News | Berita 24 Bali

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »