www.AlvinAdam.com

Berita 24 Bali

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kritik Wasit, Widodo Cahyono Putro Anggap Gol Stefano Lilipaly Sah

Posted by On 04.12

Kritik Wasit, Widodo Cahyono Putro Anggap Gol Stefano Lilipaly Sah

Widodo Cahyono Putro - Bali United Goal / Abi Yazid Pelatih Bali United itu mengajak semua pihak untuk berbenah guna membangun sepakbola Indonesia yang lebih baik. LIPUTAN ALDIV ALVASERA DARI KUTA

Pascapertandingan yang mempertemukan antara Bali United dan Persib Bandung yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/5) lalu, meninggalkan kesan mendalam bagi Widodo Cahyono Putro. Arsitek Serdadu Tridatu itu merasa ‘dikerjai’ wasit pada laga yang berlangsung dengan tensi tinggi tersebut.

Betapa tidak, sang pengadil lapangan menganulir gol yang diceploskan Stefano Lilipaly. Lilipaly dianggap terj ebak off-side sebelum mencetak gol. Hingga laga usai, Bali United dan Persib Bandung harus puas berbagi angka lantaran skor akhir 0-0.

Widodo tak bisa menutupi kegeramannya. Usai laga, ia langsung menumpahkan kekecewaannya atas sang pengadil lapangan. Menurutnya, dari hasil rekaman jelas Lilipaly on-side alias tak terperangkap off-side. "Di rekaman jelas. Saya tidak mau mengomentari pengadil, nanti salah lagi," buka Widodo.

Terkait

  • Imbangi Persib Bandung, Widodo Cahyono Putro: Ini Laga Yang Menguras Tenaga & Emosi
  • Diimbangi Bali United, Pelatih Persib Bandung Akui Bermain Hati-Hati
  • Laporan Pertandingan: Bali United 0-0 Persib Bandung

Sejak masih menukangi Sriwijaya FC, Widodo mengaku tak mau mengomentari kepemimpinan wasit. Namun, ia menilai dari tahun ke tahun persoalan kepemimpinan wasit tak pernah usai. "Selama ini saya sudah diam sejak Sriwijaya FC. Karena apa? Saya ingin membantu sepakbola kita. Saya bagian dari sepakbola Indonesia, meski kontribusi tidak besar," ujarnya.

Ia mengajak semua pihak berbenah. Sebab, insiden tak layak yang ditolerir di liga domestik membawa dampak amat besar bagi atlet sepakbola Indonesia kala berseragam timnas Indonesia. Ketika mereka berlaga pada kancah internasional, hal yang dianggap wajar di Indonesia ternyata mendapat sanksi berat berdasarkan peraturan internasional.

"Akhirnya pemain kita mendapat hukuman keras karena mereka merasa hal itu wajar di liga domestik kita. Tolong kita semua berkata jujur kalau sepakbola kita mau maju. Kalau tidak mau ya, sudah," ucap mantan striker timnas Indonesia itu.

Ia meminta kepada wasit agar terus belajar dan ikut bertanggungjawab memajukan sepakbola Indonesia. "Kalau melihat kasus Lilipaly, dia tidak off-side. Yang dilihat bukan pada saat Lilipaly menerima bola, tapi off-side itu dilihat saat bola dirilis (dilepas)," ; jelas Widodo.

Bagi dia, tak hanya klub, pemain dan pelatih saja yang mesti berbenah. Federasi, penyelenggara liga dan perangkat pertandingan juga harus ikut ambil bagian memperbaiki segala kesalahan yang dilakukan.

Ia juga menyoroti perlakuan tak adil yang diterima klubnya kala Lilipaly dilanggar bek Persib Bandung. Saat membawa bola, Lilipaly dilanggar dari belakang, sama seperti apa yang dilakukan oleh Agus Nova Wiantara.

"Dalam regulasi yang kami baca, mestinya Agus Nova itu kartu kuning. Penalti pasti, tapi bukan kartu merah, karena tidak ada unsur kesengajaan mencederai. Dia hanya berusaha menutup pergerakan lawan," papar Widodo.

"Makanya saya ingin berkata jujur, tapi sudahlah, sulit juga. Kalau wasitnya tidak bagus, katakan jujur. Tapi apa yang bisa kita perbuat, kita bisa bicara saja. Tapi yang pasti, jangan maunya sendiri. Kita mau menang, tapi tidak mau dikerjain,” tegasnya.

"Saya tidak ada kepentingan apapun. Yang terdalam dari hati saya, ayo bangkit sepakbola Indonesia. Kalau begini terus ya, begini-begini saja,” demikian Widodo.(gk-67)

LIMA ARTIKEL TOP PEKAN INI I
1. Lima Pilar Persib Absen Hadapi Bhayangkara
2. Stefan De Vrij Konfirmasi Gabung Inter Milan
3. Egy Maulana Vikri Akui Butuh Adaptasi Lagi Di Timnas U-19
4. Barcelona B Terdegradasi Ke Divisi Tiga Spanyol
5. 20 Pemain Tersubur Dalam Sejarah Liga Champions
Sumber: Google News | Berita 24 Bali

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »