www.AlvinAdam.com

Berita 24 Bali

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Spirit Jengah dan Paras Paros Jadi Jiwa Masyarakat Bali

Posted by On 21.55

Spirit Jengah dan Paras Paros Jadi Jiwa Masyarakat Bali

Spirit Jengah dan Paras Paros Jadi Jiwa Masyarakat Bali

Mengambil tempat di Gedung Ksirarnawa, Art Center, Denpasar, Minggu (24/6/2018), dilaksanakan World Hindu Wisdom Meet 2018

Spirit Jengah dan Paras Paros Jadi Jiwa Masyarakat BaliTribun Bali/Putu SupartikaI Gde Sudibya dalam acara World Hindu Wisdom Meet 2018, Minggu (24/6/2018).

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-Bali.COM, DENPASAR - Mengambil tempat di Gedung Ksirarnawa, Art Center, Denpasar, Minggu (24/6/2018), dilaksanakan World Hindu Wisdom Meet 2018 hari kedua oleh World Hindu Parisad.

Salah satu pembicara, I Gde Sudibya mengatakan, wuju d penghargaan pada alam oleh masyarakat Bali terlihat dalam pengaturan Tri Mandala.

"Utama mandala yaitu kawasan-kawasan alam yang disucikan. Madya Mandala yaitu ruang tengah tempat kehidupan, dan nista mandala merupakan ruang kegiatan sosial ekonomi," kata Sudibya.

Ia juga menambahkan, etos kerja masyarakat Bali digambarkan dengan taksu, belajar tanpa henti, mayasa.

Ditambah dengan spirit jengah yang dikolaborasikan dengan paras paros.

"Masyarakat Bali punya spirit jengah untuk memenangkan persaingan. Spirit jengah ini berbarengan dengan paras paros membangun kebersamaan, sehingga dalam persaingan ada suatu wujud kebersamaan," imbuhnya.

Hal itu adalah wujud dari jiwa masyarakat Bali.

Bahkan menurutnya, Bali sangat istimewa dan disimbolkan dengan bunga padma yang memiliki kelopak delapan.

Kedelapan kelopak tersebut mewakili delapan arah angin serta menjadi manifestasi delapan pura yang ada di delapan penjuru Bali y aitu Lempuyang, Andakasa, Batukaru, Batur, Goa Lawah, Uluwatu, Puncak Mangu, dan Besakih.
Kalau belum membawa perubahan belum namanya suputra.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Putu Supartika Editor: Irma Budiarti Sumber: Tribun Bali Ikuti kami di Beredar Video Syur Disebut Mirip Aura Kasih, Begini Kata Pakar Telematika! Sumber: Berita Bali

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »